Senin, 08 Agustus 2016

Tips sukses khusus untuk musisi perempuan

Kiprah perempuan dalam industri musik kini sangat besar, namun lebih banyak yang mengambil langkah menjadi penyanyi solo ketimbang bergabung dengan band. Fenomena ini mengakibatkan minimnya band yang memiliki anggota perempuan, nahasnya seringkali juga member perempuan dalam band yang mayoritas laki-laki sengaja berpenampilan menly agar bisa mengimbangi para member lain.

Padahal, menjadi feminin juga tidak ada salahnya. Nah buat kamu yang tak ingin kehilangan identitas sebagai perempuan saat bermain dalam sebuah band coba ikuti saran-saran dibawah ini:

a. Jangan mau tampil gratis
Mungkin kamu berpikir bahwa kesempatan bergabung dengan sebuah band itu amat jarang terjadi, namun bukan berarti kamu harus melakukan apa saja untuk bisa bermain dengan mereka. Ketahuilah bahwa mereka juga membutuhkan kehadiran perempuan yang kerap menjadi simbol atau orang terpenting dalam band. Jangan mau dibayar dengan ucapan terimakasih ketika mereka meminta kamu bergabung dalam sebuah pertunjukkan. Justru sikap seperti ini akan membuat posisimu terus dinomor duakan dalam band

b. Jangan takut dengan kontrak
Perempuan pada dasarnya memang pemilih hingga saat disodori kontrak band mereka akan berpikir 1000 kali untuk menimbang berbagai resiko yang kemungkinan mendera. Jangan takut ketika kamu disodori kontrak, percayalah kamu bisa mematuhi semua perjanjian dan memenuhi ekspektasi produser. Tapi baca baik-baik dulu kontrak yang akan kamu tanda tangani jangan sampai didalam kontraknya ternyata kamu hanya di eksploitasi karena gendermu

c. Eksis di youtube
Perempuan dalam dunia band itu harus punya mental baja dan kreatifitas dalam mempromosikan diri. Tenang, ada youtube yang bisa kamu gunakan untuk eksis. Berbekal beli gitar dan memainkannya didepan kamera dijamin banyak band akan segera memburumu, terlebih jika lagu yang kamu bawakan termasuk sulit dimainkan bahwa oleh seorang gitaris profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar