Rabu, 10 Agustus 2016

Tips menghindari cedera saat bermain gitar

Apa sih harapan terbesar kamu saat sudah beli gitar? Tentu menguasai permainannya dengan cepat. Tapi seperti bidang lain tidak ada cara instan untuk mencapai sesuatu. Belajar gitar dengan kilat memang bisa dilakukan namun berpotensi menimbulkan cedera, nah cedera ini biasanya lama disembuhkan.

Jika kamu sedang belajar bermain gitar jangan heran jika merasakan sakit dibeberapa bagian tubuh. Hal ini wajar terjadi karena bermain gitar memang mendatangkan sejumlah resiko jika tidak melakukannya dengan benar yaitu nyeri pada daerah tangan dan jari, siku, bahu dan bahkan punggung. Untuk menghindari cedera dan resiko lainnya kamu perlu memperdalam informasi mengenai cara bermain gitar dengan benar dan penyembuhan sederhananya: Ikuti tips dibawah ini untuk lebih jelasnya:

a.Menjaga send saat berlatih
Sendi itu berbeda dengan daging yang membalut tulang-tulangmu, sendiri dilumasi oleh cairan sinovial yang tidak terus-menerus mengalir melalui tubuh seperti halnyanya darah. Kamu harus sering memindahkan sendi untuk menjaga cairan sinovial tetap seimbang. Lakukan gerakan ringan saat pertengahan latihan dengan cata menggoyangkan lingkaran pergelangan, lingkaran siku, lingkaran bahu dan lingkaran leher

b. Jari
Untuk bisa bermain gitar dengan baik kamu memerlukan jari yang kuat. Kekuatan membantu melindungi tubuh kamu dari cedera. Cara terbaik untuk mengembangkan kekuatan jari adalah dengan menggantung. Kamu harus menggantung dari sesuatu setidaknya beberapa menit setiap hari.

Jari yang kekuatannya kurang terlatih akan lebih sering mengalami ketidakseimbangan otot yang mungkin menyebabkan rasa sakit atau cedera. Untuk mencegah hal ini,kamu harus berolahraga ringan. Cara mudah untuk melakukan ini adalah meletakkan karet gelang di sekitar jari-jari dan perlahan-lahan membukanya beberapa kali. Pokoknya ciptakan gerakan yang menghasilkan resistensi.

c. Lengan dan punggung
Siapa sangka bermain gitar ternyata juga bisa menyebabkan cedera lengan dan punggung. Untuk menghindari ini kamu harus rajin melakukan push-up agar kekuatan otot lengan dan punggungmu terlatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar