Rabu, 13 Juli 2016

Memilih antara gitar dan bass

Jika kalian masih mencoba memutuskan untuk beli gitar atau bass, yakinkan diri terlebih dulu bahwa satu diantaranya dapat memnuhi kebutuhan bermusikmu. Jika kamu masih tergolong pemula, maka kamu akan mengalami waktu yang sulit ketika memilih kedua instrumen tersebut. Ketahuilah, meskipun tampaknya masalah ini cukup sepele namun jika kamu salah menentukan keputusan makan langkah mundur akan menjadi masa depanmu.

So, pilihlah sedari kini gitar atau bass yang bernar-benar kamu inginkan. Jangan karena teman-temanmu terus saja menggoda bermain bass lantas kamu memaksakan diri memainkan bass padahal secara pribadi lebih senang belajar gitar. Awalnya, kamu akan merasa senang karena bisa menyesuaikan ekspektasi teman-temanmu, namun lambat laun kamu akan tersiksa karena selalu merasa terbebani.

Banyak kenyataan para bassist yang keluar dari sebuah band kemudian berlaih menjadi gitaris solo karena salah mengambil keputusan. Jangan sampai ini terjadi pada dirimu. Sangat penting memahami apa yang benar-benar kamu inginkan dan ingin kamu berikan komitmen. Salah satu cara memahami apa yang ingin kamu jadikan tujuan adalah mengerti perbedaan antara gitar dan bass.

Gitar adalah instrumen petik dengan enam senar, dan standar tuning: EADGBE. Itu berarti string terendah disetel ke note E, di samping note A, di samping D dan seterusnya. Sementara gitar bass standar memiliki empat senar, dan dengan bentuk yang sedikit lebih besar. Tuning gitar bass adalah sama dengan empat senar terendah dari gitar biasa, senar gitar bass disetel EADG, seperti empat senar terendah pada gitar biasa.

Dalam banyak hal, bass adalah persis sama dengan gitar, kecuali dengan dua senar yang lebih sedikit dan tuning yang lebih rendah. Materi bridge, akori dan teori pada bass gitar juga sama dengan gitar biasa. Hal ini sangat penting kamu tahu karena ternyata banyak pemula yang mengira bahwa teori belajar gitar dengan bass itu berbeda, padahal tidak. Apa yang kamu pelajari pada gitar akan berlaku untuk bass dan sebaliknya.

Kini setelah mengetahu perbedaan antara gitar dan bass tentunya kamu bisa memutuskan mau beli gitar atau bass. Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan passion. Jangan hanya karena pendapat orang lantas kamu justru meninggalkan instrumen favoritmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar